Memilih Memperbaiki Hati Sebelum Berhijab, Benarkah?


Assalamualaikum Wr. Wb.... Banyaknya anggapan bahwa berhijab itu identik dengan hati yang suci, memang itu benar, tapi lantas hal seperti itu tidak dijadikan alasan untuk membuat kita berfikir dua kali menggunakan hijab. sehingga mereka berfikir memperioritaskan memperbaiki hati dahulu, baru memakai Hijab.
Sebenarnya antara hati dan hijab sama-sama penting, sehingga tidak perlu dipilih mana yang harus diperioritaskan terlebih dahulu, lagipula sulit untuk menilai urusan hati atau membuat standarisasinya.

Kalau alasan belum mau pakai jilbab karena hatinya ingin diberesi dulu, sebenarnya agak mengada-ada. Sebab siapa yang akan menilai bahwa hati seseorang sudah bersih dan baik? Dan bagaimana cara menilainya? Lalu sampai kapankah hatinya sudah bersih dan siap untuk pakai jilbab?

Sebenarnya kewajiban memakai jilbab tidak pernah mensyaratkan seseorang harus bersih dulu hatinya. Kewajiban itu langsung ada begitu seorang wanita muslimah masuk usia akil baligh. Dan satu-satunya tanda bahwa dia sudah wajib memakai jilbab adalah tepat ketika dia mendapat haidh pertama kalinya. Saat itulah dia dianggap oleh Allah SWT sudah waktunya untuk memakai jilbab. Tidak perlu menunggu ini dan itu, karena kewajiban itu sudah langsung dimulai saat itu juga.

Kesimpulan: Ajine raga saka busana, nilai manusia akan terpancar dari busana, dengan berhijab kelakuan dan fikiran negatif sedikit demi sedikit akan terbuang dengan sendirinya, dan Nurani akan beradaptasi dengan Baju yang kita pakai.

Sedikit saja dari saya, terimakasih. Wassalam :)

3 Responses to "Memilih Memperbaiki Hati Sebelum Berhijab, Benarkah?"

  1. sesuatu yg baik, menjadi pintu kebaikan lain

    nice post

    BalasHapus
  2. Pada dasarnya hijab itu wajib soalnya itu juga demi kebaikan wanita. Cuma disini wanita perlu motivasi dari manfaat hijau agar setelah kesadaran timbul dalam dirinya semoga bisa menjaga kelakuan dan nama baiknya sendiri.

    Salam kenal mbak dari Motivator yang muda hehe

    BalasHapus
  3. teramat sangat penting, memperbaiki hati adalah pondasi dan dasar dari segala dasar kehidupan,ngapain juga berhijab kalau hatinya bengkok mlenceng ngga karu-katuan sangat

    BalasHapus